Rapendik Streaming

DRAKOLAH AWARD 2014

drakula

OMPENDIK

prestasi

Login

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter

Online sekarang: 33
IP kamu: 54.226.173.169
,
Hari ini: Juli 28, 2014
Share |

Guru Masih Belum Kuasai Penilaian Deskriptif

(0 - user rating)
User Rating:  / 0
TerburukTerbaik 

Berdasarkan hasil rekap evaluasi implementasi Kurikulum 2013 di sekolah percontohan di kota Solo, bisa disimpulkan bahwa guru belum sepenuhnya menguasai proses penilaian deskriptif sebagaimana ketentuan Kurikulum 2013. Sehingga proses penilaian hasil belajar siswa masih harus diperdalam.

"Evaluasi implementasi Kurikulum 2013 di 12 SD percontohan telah digelar selama sepekan di awal September 2013," jelas Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Pendidikan Dasar (Dikdas) SD Dinas Dikpora kota Solo, Tatik Sudiarti.

Saat ini, menurut Tatik, guru masih dalam tahap penyesuaian dengan sistem penilaian yang baru sehingga tidak mudah untuk langsung menerapkan sistem baru tersebut.

Terlebih lagi, sistem penilaian yang baru dengan yang lama cukup berbeda. Dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), penilaian menggunakan angka (kuantitatif), namun kini untuk dalam implementasi Kurikulum 2013 menggunakan penilaian deskriptif.

"Hasil belajar siswa dinilai dalam bentuk verbal atau deskriptif untuk memberikan gambaran akurat mengenai capaian hasil belajar siswa. Namun demikian, secara umum Kurikulum 2013 telah 80 persen diimplementasikan di 12 SD percontohan tersebut," jelasnya. (Sumber : www.okezone.com)

Sementara untuk sekolah tingkat menengah atas, menurut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) kota Solo, Etty Retnowati, saat ini sedang dalam proses evaluasi. Hasilnya baru diketahui sekira minggu depan

Add comment


Security code
Refresh