23.000 Minimarket Jual Bir Dekat Sekolah dan Rumah, Anies: Luar Biasa Berat

January 29, 2015

Halo Pendidikan - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah (Menbuddikdasmen) Anies Baswedan anak-anak sekolah di Indonesia dihadapkan dengan peredaran minimarket yang menjual bir hingga 23.000 gerai. Sehingga keputusan pemerintah melarang bir dijual di minimarket sudah tepat, daripada hanya memperketat penjualan.

 

Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel, mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 6/2015 tentang pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran, dan penjualan minuman beralkohol. Dalam proses sosialisasi di kantor Kemendag, Anies dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi juga hadir.

 

Anies menyebut konsumsi minuman beralkohol oleh kalangan remaja atau anak di bawah umur cukup berbahaya. Sehingga ia mendukung penuh aturan Permendag yang dikeluarkan 16 Januari 2015, dan berlaku efektif 16 April 2015.

 

"Penggunaan alkohol pada usia muda terbukti menimbulkan efek jangka panjang yang menetap bagi otak anak dan remaja," ungkap Anies di Gedung Utama Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Rabu (28/01/2015).

 

Ia menambahkan bila kebiasaan ini didiamkan dan membiarkan anak tersebut tetap mengkonsumsi minuman beralkohol termasuk bir, maka tak baik untuk perkembangan seorang anak.

 

"Oleh karena itu kebijakan ini penting untuk menyelamatkan (remaja dan anak di bawah umur/< 20 tahun)," imbuhnya.

 

Anies juga setuju soal larangan penjualan minuman beralkohol dilakukan pada ritel dan minimarket. Pasalnya banyak ritel dan minimarket yang letaknya berdekatan langsung dengan lingkungan masyarakat seperti perumahan, rumah ibadah hingga sekolah. Ia sempat resah saat mengetahui data Kemendag jumlah ritel dan minimarket di Indonesia mencapai puluhan ribu gerai.

 

"Sebaran minimarket itu 23.000 banyak yang didekat sekolah dan perumahan, jadi luar biasa berat. Oleh karena itu tolong bantu. Ingat maukah anak-anak Anda menjadi peminum di usia muda. Kita ingin bekerja keras agar anak didik kita sehat baik jasmani dan rohani," tegas Anies dengan suara lantang.

(wij/hen)

 

Sumber: detik.com

 

Please reload

Other News

Sambut MEA, UPT BP2D Dinas Pendidikan Prov. Jatim Gelar Festival Cipta Desain & Fashion Show bagi Siswa SMK se-Jatim

May 13, 2017

1/10
Please reload

© Rapendik 2018