Amankan UN, Dindik Jatim Gandeng Kepolisian

April 5, 2015

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur kembali menggelar rangkaian sosialisasi terkait pelaksanaan UN 2015. Dalam sosialisasi yang digelar kelima kalinya ini membahas tentang proses distribusi dan pengamanan Naskah UN 2015.

Dr. Harun, M.Si, MM mengatakan bahwa sosialisasi UN yang kelima ini merupakan rangkaian kegiatan menjelang pelaksanaan UN. Beliau mengatakan bahwa persiapan di percetakan sudah final, dan naskah sudah bisa dikirim mulai hari Kamis, tanggal 2 April 2015.

Meskipun tidak tercantum dalam Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2015 terkait pengamanan dari kepolisian, namun Beliau berharap agar pihak kepolisian dilibatkan dalam proses pengamanan mulai dari distribusi dari percetakan hingga penyimpanan naskah UN, dan berharap agar ada kesepakatan bersama, karena mekanismenya tidak disebutkan di POS, namun pertimbangannya karena naskah UN termasuk dokumen negara yang harus dijaga kerahasiaannya.

Dalam kegiatan ini Dr. Harun, M.Si, MM yang telah memasuki masa pensiun sekaligus berpamitan kepada kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, dan memperkenalkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim yang baru, Dr. Saiful Rahman, MM, M.Pd.

Dr. Harun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Dinas, dan berharap kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk terus bekerja maksimal dan mendukung kinerja Kepala Dinas Pendidikan Provinsi yang baru.

Dr. Saiful Rahman menyebut tugasnya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim merupakan tugas dan jabatan yang berat apalagi langsung dihadapkan pada pelaksanaan UN 2015 yang waktunya sudah sangat dekat.

Namun, beliau tetap yakin bahwa pelaksanaan UN tidak akan terkendala karena Beliau sendiri merupakan orang lama di Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dan pernah menjadi pelaksana UN.

Beliau mengungkapkan bahwa kebocoran naskah UN sebenarnya tidak ada, namun selama ini selalu mencuat untuk komoditas politik, untuk itu beliau berharap agar nanti tidak ada kasus politisasi terhadap ujian nasional.

Kepala Biro Operasional Polda Jatim Kombes Pol Mamboying, mengistruksikan kepada jajarannya untuk siap dan siaga dalam melaksanakan tugas mengamankan naskah UN. Beliau mengusulkan bahwa Naskah UN sebagai dokumen negara harus dijaga ketat dan ditempatkan di lokasi netral yaitu di Polres.

Peserta dalam rapat tersebut adalah seluruh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Jawa Timur,  Kabag Ops Polres se Jatim.

Please reload

Other News

Sambut MEA, UPT BP2D Dinas Pendidikan Prov. Jatim Gelar Festival Cipta Desain & Fashion Show bagi Siswa SMK se-Jatim

May 13, 2017

1/10
Please reload

© Rapendik 2018