Menyongsong UN dengan Semangat

April 5, 2015

Dari tahun-ketahun tidak sedikit siswa yang  beranggapan Ujian Nasional (UN) sebagai hal yang menakutkan, terlebih lagi dengan kode soal yang semakin banyak.  Namun hal demikian tidak akan terjadi apabila siswa tersebut menyadari  bahwa UN adalah ajang unjuk kemampuan dan pembuktian diri bagaimana dia belajar selama 3 tahun, sehingga tidak perlu dicemaskan karena tidaklah mungkin soal ujian tidak disesuaikan dengan tingkatan kemampuan siswa berdasarkan jenjangnya sekolahnya.

Beberapa usaha yang sudah dilakukan pihak sekolah diantaranya try out dan do’a bersama. Hal ini sangat membantu agar siswa terbiasa dengan soal – soal yang tidak jauh berbeda dengan soal UN yang sesungguhnya.  Dengan diadakannya doa bersama bisa mengurangi tingkat stres siswa sehingga siswa menghadapi UN dengan lebih tenang dan penuh harapan.Selain usaha dari pihak sekolah dukungan dari orang tua juga sangat penting untuk menambah keyakinan dan motivasi anak. Semakin sering orang tua memberikan motivasi dan menanamkan keyakinan, anak akan semakin percaya diri dalam menghadapi UN.

Faktor  yang tidak kalah penting agar siap menghadapi UN adalah menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga, makan – makanan bernutrisi dan istirahat yang cukup. Sebab kondisi kesehatan juga akan sangat mempengaruhi siswa ketika mengerjakan soal-soal UN. Semakin sehat siswa samakin mudah otak diajak berkerjasama.

Meskipun hasil UN di tahun 2015 ini tidak menentukan lulus atau tidaknya siswa namun perlu di ingat, semakin bagus nilai yang didapat semakin besar pula peluang untuk bebas  memilih studi lanjutan yang kita inginkan.

Please reload

Other News

Sambut MEA, UPT BP2D Dinas Pendidikan Prov. Jatim Gelar Festival Cipta Desain & Fashion Show bagi Siswa SMK se-Jatim

May 13, 2017

1/10
Please reload

© Rapendik 2018