Mendikbud Mengharap Pemerintah Daerah Mendorong Sekolah untuk Tingkatkan Integritas UN

May 20, 2015

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meminta pemerintah provinsi hingga kabupaten kota turut mendorong pihak sekolah untuk meningkatkan indeks integritas penyelenggaraan ujian nasional (UN). Kemendikbud akan menyampaikan kepada Pemrov hingga Pemkab indeks integritas UN tingkat kabupaten/kota yang diluncurkan pada Senin (18/5/2015). Indeks tersebut menunjukkan masih adanya daerah yang nilai integritas penyelenggaraan UN-nya rendah.

 

Kemendikbud mengukur indeks integritas peksanaan UN, salah satunya melalui analisis pola respon jawaban. Melalui analisis tersebut Kemendikbud melihat pola jawaban siswa apakah random atau seragam. Integritas dalam pelaksanaan UN ini juga diukur melalui dua komponen, yaitu kerjasama antar siswa dalam menjawab soal ujian, serta ada tidaknya pembocoran soal yang sistematis. 

 

Dari hasil analisis ini, ada sejumlah daerah yang memperoleh indeks integritas tinggi serta capaian nilai UN yang tinggi pula. Sejumlah daerah tersebut di antaranya DKI Jakarta, Kalimantan Timur, serta Yogyakarta. Ada pula daerah yang indeks integritasnya tinggi namun capaian rata-rata UN-nya masih rendah seperti Nusa Tenggara Timur. (Sumber : kompas.com)

 

 

Please reload

Other News

Sambut MEA, UPT BP2D Dinas Pendidikan Prov. Jatim Gelar Festival Cipta Desain & Fashion Show bagi Siswa SMK se-Jatim

May 13, 2017

1/10
Please reload

© Rapendik 2018