Other News

Sambut MEA, UPT BP2D Dinas Pendidikan Prov. Jatim Gelar Festival Cipta Desain & Fashion Show bagi Siswa SMK se-Jatim

May 13, 2017

1/10
Please reload

Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus

March 11, 2016

Mengasuh anak merupakan kemuliaan bagi orang tua. Saat anak dilahirkan, ia tak berdaya tanpa perawatan dan pengasuhan dari orang tua, baik dalam segi kemampuan pribadi untuk beraktifitas maupun kemampua sosial dalam masyarakat. Dengan begitu peran orang tua sangatlah vital dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Baik buruknya perilaku, dan juga mampu tidaknya anak dalam melakukan sesuatu sangat bergantung dari bagaimana pola asuh anak yang digunakan oleh orang tuanya. Itulah kenapa orang tua harus mengasuh anak dengan penuh kasih sayang sesuai kondisi anak itu sendiri.

 

 

Memang terkadang memerlukan kerja keras dan banyak tantangan yang dihadapi dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus, apalagi orang tua juga berurusan dengan banyak tekanan lainnya di tempat kerja maupun di lingkungannya. Lebih lagi terkadang kondisi masyarakat masih kurang mendukung perkembangan anak dengan kebutuhan khusus. Akan tetapi meskipun terdapat beragam rintangan dan kesulitan, sudah selayaknya orang tua sebisa mungkin memberikan yang terbaik untuk perkembangan dan pertumbuhan anak berkebutuhan khusus.

 

Dalam mengasuh anak, orang tua harus memperhatikan kemampuan anak, karena setiap anak lahir secara unik dan berbeda. Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan orang tua selayaknya menjadi yang paling tahu. Dengan memberikan perlakuan khusus yang tepat sejak dini, anak berkebutuhan khusus nantinya dimasa depan dapat mandiri dan tidak mengalami ketergantungan terhadap orang lain selama hidupnya.

 

 

Berikut ini beberapa Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus

  • Orang tua yang memiliki anak dengan disabilitas harus dengan lapang dada menerima kondisi disabilitas anak. Bagaimanapun kondisi anak, ia adalah anugerah yang mesti dijaga dan diasuh dengan baik.

  • Orang tua juga bisa mengikuti kegiatan komunitas orang tua dan organisasi masyarakat sesuai dengan jenis disabilitas anak agar pengetahuan mengenai cara mengasuh anak dengan disabilitas dapat bertambah.

  • Selain itu, cari tahu mengenai pengalaman orang tua yang berhasil merawat dan mengasuh anak dengan disabilitas sehingga bisa mandiri dan bahkan membawa manfaat kebaikan bagi masyarakat luas. Mengenai perawatan kesehatan anak disabilitas tanyakan lebih lanjut kepada bidan / perawat / dokter di fasilitas pelayanan kesehatan.

 

Demikian artikel Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus yang dapat disampaikan. Semoga dapat membantu orang tua yang memiliki anak dengan disabilitas agar mampu mengasuh anaknya hingga menjadi mandiri dan juga mampu mendatangkan manfaat baik bagi masyarakat secara umum.

 

Sumber :hamilbayi.com

Please reload

© Rapendik 2018