Memelihara Kesehatan Rambut

January 28, 2016

 

Rambut adalah mahkota bagi setiap manusia, khususnya untuk wanita. Rambut dianggap juga sebagai hal yang sangat penting, disamping dapat mempercantik seorang wanita, rambut juga dapat dijadikan ajang untuk bergaya bagi seseorang. Seperti halnya menggunakan facebook, jika tidak ada teman rasanya tidak ada gunanya menggunakannya.

 

Tapi semua itu akan sia-sia jika anda mengalami rambut rontok. Dan jika sudah parah anda dapat mengalami kebotakkan. Pasti anda tidak mau mengalami itu bukan?

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas Kesehatan Rambut?  Yuk  disimak.

 

9 Tips Mengatasi Rambut Rontok

 

1. Bawang Putih

Bawang putih berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Anda tinggal haluskan bawang putih dengan blender, seperti dijadikan jus. Kemudian dioleskan pada bagian rambut yang rontok sebelum tidur. Besok paginya tinggal dibilas dengan air ataupun langsung ditambah dengan shampoo penumbuh rambut akan lebih terasa efeknya. (untuk shampoonya disesuaikan dengan keinginan anda)

 

selain untuk rambut rontok, bawang putih ternyata juga bisa untuk mengobati sakit gigi. silahkan di baca selengkapnya di sini "Obat sakit gigi paling ampuh dengan bawang putih".

 

2. Jahe

Jahe juga dapat mengatasi rambut rontok anda, caranya hampir sama seperti menggunakan bawang putih. Atau juga dapat anda kombinasikan keduanya dicampur dalam 1 blender. Kemudian oleskan pada rambut anda. (jangan lupa keramas)

 

3. Teh Hijau

Teh hijau juga berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok serta meningkatkan pertumbuhan rambut dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi. Cara mengolahnya juga gampang yaitu dengan cara, seduh dua kantung teh hijau dengan air hangat. Kemudian balurkan seduhan teh hijau tadi ke rambut dan kulit kepala yang rontok. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas hingga bersih.

 

4. Lidah Buaya

Seperti yang kita ketahui ekstrak lidah buaya dapat membantu mengatasi kerontokan secara cepat dan alami. Kandungan didalamnya, bisa membantu mengembalikan tekstur sel-sel kulit rusak dan meremajakan sera membentuk sel-sel jaringan rambut menjadi lebih sehat. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya mengambil

potongan lidah buaya berukuran besar, dengan daging tebal. Belah potongan lidah buaya tadi menjadi dua bagian, kemudian ambil bagian dalamnya. Usapkan ke seluruh bagian kepala dari kulit, hingga ujung rambut secara merata. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, sebelum Anda mencucinya hingga bersih. Baca juga : Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

 

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang identik untuk obat sakit tenggorakan ternyata juga bisa mengatasi rambut yang rontok. Dengan beberapa buah jeruk nipis, Anda sudah bisa melakukan perawatan rambut yang rontok secara alami. Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala. Jika Anda memilki ketombe, cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih. Baca juga : 5 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Cantik Anda

 

6. Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah terkenal dari zaman dahulu, biasanya juga dipakai menumbuhkan kumis maupun jenggot. Resep ini sudah dipakai dari orang tua kita zaman dahulu dan hasilnya terpercaya sampai sekarang. Dan sekarang minyaknya sudah ada yang dikemas dalam botol, tinggal dipakai saja. (tapi ingat, harus yang original jangan yang abal-abal)

 

7. Alpukat

Alpukat ini terkenal akan protein dan protein sangatlah baik untuk pertumbuhan rambut, tidak heran alpukat juga sering dipakai sebagai bahan utama untuk creambat maupun perawatan wajah.

 

Untuk menggunakannya, hancurkan alpukat di dalam mangkuk, dan aduk sampai kental. Kemudian usapkan pada rambut mulai ujung sampai akar rambut, Lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan menggunakan sampo, kemudian bilas.

 

8. Yoghurt

Yoghurt ternyata juga berguna untuk mengatasi rambut yang rontok. Cukup oleskan saja pada rambut seperti creambat kemudian didiamkan selama beberapa menit, kemudian di bilas lagi dengan air. Yogurt juga ternyata bagus untuk dijadikan masker wajah, baca selengkapnya disini : Cara Membuat Masker Wajah dengan Menggunakan Yogurt

 

9. Hair Tonic

Jika anda mempunyai uang lebih mungkin anda bisa membeli hair tonic. Sekarang hair tonic sudah disediakan dalam berbagai merk. Tinggal anda pilih mana hair tonic yang paling bagus untuk mengatasi rambut rontok anda.

 

Selain itu, yang harus anda ingat itu adalah menjalani pola makan yang sehat dan kaya nutrisi untuk mencegah kerontokan semakin parah. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin, protein, dan zync karena sangat berguna sekali untuk mengatasi rambut rontok anda.

 

 

 

 

Cara Menghilangkan Ketombe

 

Ketombe merupakan salah satu hal yang sangat menganggu semua orang. Ketombe akan membuat rambut terlihat kotor, kusam dan lepek. Ketombe merupakan sel kulit mati yang mengelupas dikarenakan folikel pada rambut yang berkurang.

 

Ketombe bisa dialami oleh semua orang, baik wanita maupun laki-laki, muda maupun tua. Penyebab ketombe berbeda-beda setiap orang. Terkadang karena tidak cocok menggunakan produk shampoo tertentu, bisa menyebabkan timbulnya ketombe.

 

Ketombe juga bisa disebabkan dari faktor eksternal seperti debu yang menempel pada kulit kepala, dan rambut berminyak juga bisa menyebabkan munculnya ketombe pada rambut anda. Ketombe sebenarnya adalah  pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Hindari menggaruk kulit kepala anda, karena dapat memperparah terjadinya ketombe, dan dapat menyebabkan kulit kepala menjadi luka dan infeksi.

 

Maka dari kami berikan beberapa tips menghilangkan ketombe secara alami dan pastinya cukup efektif untuk menghilangkan ketombe anda. Inilah beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa anda lakukan di rumah.

 

Baking Soda

Cara menghilangkan ketombe pertama adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda biasanya hanya digunakan untuk membuat roti atau kue di rumah. Tetapi sebenarnya baking soda merupakan bahan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe. Baking soda dapat menghilangkan dan menghaluskan kulit mati yang menjadi penyebab ketombe. Selain itu baking soda juga bisa berfungsi untuk mematikan jamur atau bakteri di kulit kepala. Caranya anda bisa mengambil satu sendok baking soda kemudian campurkan dengan satu

gelas air. Aduk sampai rata, selanjutnya siramkan ke kepala sampai merata sambil dipijat. Bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Lakukan secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu.

 

Cuka

Cara menghilangkan ketombe secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Membilas rambut dengan menggunakan cuka, merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan ketombe. Cuka akan bekerja menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan ketombe. Selain itu cuka juga tidak akan menyumbat pori-pori pada kulit kepala anda. Cuka dapat berfungsi sebagai fungisida yang membunuh jamur lebih efektif. Cara membuat ramuan cuka untuk ketombe ini sangatlah mudah. Ambil setengah cangkir air hangat yang dicampur dengan setengah cangkir cuka apel. Campurkan menjadi satu, kemudian jadikan shampoo untuk rambut anda.

 

Lidah Buaya (Aloe vera)

Siapa yang tidak tahu dengan tanaman satu ini. Lidah buaya merupakan tanaman yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut anda. Lidah buaya sangat efektif digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya, dapat membantu menghambat proses proliferasi sel kulit. Jika proses ini berjalan cepat dapat menyebabkan pertumbuhan ketombe dengan cepat. Anda bisa mengambil satu batang lidah buaya, belah menjadi dua kemudian ambil gelnya. Haluskan gel tersebut, selanjutnya usapkan ke seluruh kepala sampai merata. Biarkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Baca juga : Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

 

Garam

Cara menghilangkan ketombe yang selanjutnya adalah dengan menggunakan garam. Bahan ini mudah untuk didapatkan dan disetiap rumah pasti ada. Kristal pada garam dapat berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati. Dengan begitu kulit kepala anda akan bersih dan terhindar dari ketombe yang membuat gatal. Anda bisa mengambil beberapa garam yang bersih. Lebih baik menggunakan garam halus. Gunakan garam untuk scrub pada kepala anda. Ratakan sambil pijat secara perlahan. Biarkan beberapa menit sampai Kristal garam merekat dengan baik pada kulit kepala. Pastikan kristal tersebut merata karena dengan merata hasilnya akan maksimal. Selanjutnya bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Baca juga : Coba Diet Tanpa Garam Untuk Dapatkan Tubuh Langsing

 

Selain bahan-bahan alami yang disebutkan tadi. Anda juga bisa menghilangkan ketombe dengan menggunakan lemon, Tea tree oil, daun neem, aspirin dan masih banyak lainnya. Bahan-bahan tersebut mudah untuk didapatkan dan harganya pun relatif lebih murah. Jika digunakan secara teratur, dapat menghilangkan ketombe pada kulit rambut anda. Demikian beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami. Semoga dapat menambah informasi anda dalam merawat rambut anda.

 

Tips Agar Rambut Tebal

 

Rambut lebat alami merupakan impian setiap wanita. Wanita mana yang tidak ingin rambutnya lebat dan berkilau. Rambut merupakan aset terpenting seorang wanita jadi bisa dibilang merupakan mahkota bagi wanita itu sendiri. Tapi kadang wanita mengalami yang namanya rambut menipis ataupun rontok, hal ini dikarenakan kurangnya perawatan terhadap rambut maupun disebabkan oleh bahan kimia yang mungkin terdapat dipewarna rambut ketika anda mewarnai rambut anda.

 

Ada juga faktor keturunan, memang dari asalnya rambut anda sudah tipis, dan kurang enak dipandang.Terus bagaimana mengatasinya?

Nah disini saya akan berbagi tips atau cara menebalkan rambut dengan cepat dan alami.

 

Rambut lebat alami merupakan impian setiap wanita. Wanita mana yang tidak ingin rambutnya lebat dan berkilau. Rambut merupakan aset terpenting seorang wanita jadi bisa dibilang merupakan mahkota bagi wanita itu sendiri. Tapi kadang wanita mengalami yang namanya rambut menipis ataupun rontok, hal ini dikarenakan kurangnya perawatan terhadap rambut maupun disebabkan oleh bahan kimia yang mungkin terdapat dipewarna rambut ketika anda mewarnai rambut anda.

 

Ada juga faktor keturunan, memang dari asalnya rambut anda sudah tipis, dan kurang enak dipandang.Terus bagaimana mengatasinya?

Nah disini saya akan berbagi tips atau cara menebalkan rambut dengan cepat dan alami.

 

 

 

Cara Menebalkan Rambut dengan Cepat dan Alami

Lidah Buaya

Tumbuhan yang berlama latin aloe barbadensis milleer ini terkenal akan keampuhannya untuk menebalkan dan menghitamkan rambut. Banyak produk shampo yang memakai tanaman ini sebagai bahan utama untuk pembuatan shampo tersebut. Anda juga dapat menggunakannya secara langsung, yaitu dengan mengoleskan isinya ke seluruh bagian rambut anda, kemudian bersihkan dengan keramas. Lakukan setiap hari dijamin rambut anda akan tebal dan lebat dengan cepat.

 

Putih telur

Putih Telur ternyata juga bermanfaat untuk rambut anda agar lebih tebal dan mencegah rambut rontok. Dikarenakan kandungan protein dan nutrisi lainnya yang dapat memperkuat folikel rambut.

Caranya, pertama anda harus membilas rambut anda dengan air hingga rambut anda lembab. Setelah itu,anda harus memisahkan anda puith telur dan kuning telur. Setelah dipisahkan, kocok putih telur tersebut dan oleskan puith telur tersebut pada rambut dan kulit kepala anda hingga merata. Diamkan kurang lebih selama 1-2 jam. Setelah itu anda bisa membersihkannya dengan air dingin. Untuk menghilangkan bau amis dari putih telur anda bisa menggunakan shampo yang berbahan alami seperti lidah buaya, supaya efeknya lebih baik.

 

Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi sehingga berguna untuk memperlancar sirkulasi darah menuju rambut. Dengan menggunakan teh hijau maka rambut akan lebih cepat tumbuh, lembut, serta mengkilap. Silahkan seduh teh hijau, lalu oleskan ke rambut kalian kemudian tutup dengan handuk hangat. Diamkan selama 20 menit lalu bilas kembali rambut kalian.

 

Bagaimana tipsnya? Tertarik untuk mencobanya?

silahkan dicoba satu persatu caranya dan buktikan mana yang lebih cepat menebalkan rambut, dan ingat cara ini harus dilakukan secara rutin, karena efeknya akan lebih baik jika dilakukan secara rutin.

 

Cara Menghilangkan Uban dengan Masker Rambut dari Bahan Alami

 

Seiring bertambahnya usia maka semakin pula manusia mengalami perubahan-perubahan dalam tubuh, seperti misalnya tumbuhnya uban. Bahkan kini uban tidak hanya tumbuh pada rambut orang yang sudah berusia tua namun banyak orang-orang yang masih berusia muda juga sudah tumbuh uban. Biasanya hal tersebut terjadi disebabkan karena faktor gen, stress dan gaya hidup.

 

Untuk mengatasi uban tersebut butuh perawatan yang intensif supaya uban dapat teratasi dengan cepat dan tepat. Berbagai bahan alami dapat anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan uban dengan mudah dan cepat.

 

Bahan alami untuk menghilangkan uban

Memang bisa mengatasi uban dengan menggunakan semir rambut namun tidak selamanya semir rambut efektif untuk mengatasi uban. Semir rambut hanya bersifat menutup warna rambut yang putih dan mengubahnya menjadi warna yang lebih gelap. Namun jika anda menggunakan beberapa bahan dibawah ini sebagai cara menghilangkan uban manfaatnya akan bisa anda rasakan lebih lama dan yang pasti anda akan terhindar dari berbagai bahan-bahan kimia yang mampu menimbulkan efek negatif jangka panjang yang tidak pernah bisa kita prediksi.

 

1. Ampas teh

Ampas teh yang sudah didiamkan selama 24 jam bisa digunakan untuk menghilangkan uban dengan cepat. Caranya yaitu dengan mencampurnya dengan 1 sendok garam. Ramuan tadi bisa anda gunakan sebagai masker rambut alami untuk menghilangkan uban dengan efektif. Pada saat memakai ramuan ini sebaiknya didiamkan dulu hingga kurang lebih 1 jam supaya ramuan menyerap ke dalam rambut. Baca juga : Manfaat Minum Teh Hijau

untuk Kesehatan

 

2. Biji pepaya

Siapa bilang biji pepaya tidak memiliki nutrisi. Justru biji pepaya tersebut sangat berguna untuk cara menghilangkan uban dengan cepat. Caranya adalah dengan mencuci bersih biji pepaya tersebut lalu sangria seperti pada saat anda menyangrai kopi. Setelah itu tumbuk biji pepaya tersebut hingga halus lalu tambahkan sedikit minyak kelapa. Dan anda bisa menggunakan ramuan ini sebagai masker untuk mengatasi uban pada rambut. Baca juga : Macam-Macam Manfaat Buah Pepaya yang Perlu Anda Ketahui

 

3. Daun bunga sepatu

Tanaman ini mengandung beberapa nutrisi yang mampu menghilangkan uban secara ampuh. Cara menghilangkan uban dengan daun bunga sepatu adalah dengan menghaluskan daun bunga sepatu yang telah anda cuci, tambahkan sedikit air dan perasan air jeruk. Jika sudah selesai maka anda bisa simpan dalam sebuah wadah. Ramuan ini bisa digunakan kapan saja sebagai masker rambut alami.

 

4. Mahkota bunga sepatu

Sama halnya dengan daun sepatu yang mengandung nutrisi, mahkota bunga sepatu juga berfungsi untuk mengatasi timbulnya uban. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa helai mahkota bunga sepatu, lalu masukkan ke dalam 200 ml minyak kelapa yang telah dipanaskan. Tunggu hingga dingin lalu simpan dalam wadah yang tertutup. Untuk hasil yang maksimal gunakan saat menjelang tidur lalu bilas pada keesokan harinya.

 

Cara memakai masker rambut

Berbagai bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker rambut di atas merupakan bahan-bahan yang sangat mudah untuk didapatkan. Masing-masing bahan tersebut mengandung nutrisi tinggi yang bisa anda manfaatkan dalam cara menghilangkan uban secara mudah, praktis, dan tanpa efek samping. Cara memakai masker berbahan alami yang telah anda buat tadi adalah dengan mengoleskan ramuan-ramuan masker tersebut ke setiap helai rambut dari pangkal hingga ke ujung rambut. Bungkus menggunakan handuk lalu diamkan selama beberapa saat atau minimal 10 menit. Setelah itu anda bisa membilasnya hingga bersih.

 

Selain itu bahan-bahan tadi juga harganya sangat murah, apalagi jika anda punya kebun sendiri maka bisa ditanami dengan berbagai tanaman-tanaman yang berguna untuk menghilangkan uban secara alami. Tips supaya uban anda tidak semakin bertambah adalah jangan sering mencabut uban-uban pada rambut anda. Karena di bawah rambut tersebut terdapat syaraf-syaraf yang jika terus dicabuti maka dikhawatirkan justru semakin banyak uban yang tumbuh. Demikian pembahasan mengenai cara menghilangkan uban dengan mudah, praktis dan alami. Semoga dapat membantu anda dalam menghilangkan uban pada rambut anda.

 

Sumber : http://www.duniainformasikesehatan.com

Please reload

Other News

Sambut MEA, UPT BP2D Dinas Pendidikan Prov. Jatim Gelar Festival Cipta Desain & Fashion Show bagi Siswa SMK se-Jatim

May 13, 2017

1/10
Please reload

© Rapendik 2018