Catatan Kecil Festival Sinema Sekolah 2016

October 24, 2016

 

 

Oleh : Selis Dwi Santoso

 

Perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi yang terus berkembang dengan pesat, banyak menciptakan inovasi baru, menunjang kreatifitas serta memudahkan akses informasi yang begitu deras sehingga hampir tidak sekat bagi manusia diberbagai belahan dunia, tetapi dibalik dampak yang postif tersebut, sudah menjadi sunatullah jika diiringi beberapa hal yang berdampak negatif, seperti halnya pornografi, hacker, penipuan online, serta masih banyak yang lainnya.

 

Melihat perkembangan remaja saat ini yang sudah menyatu dengan era digital, menyebabkan beberapa pergeseran budaya salah satunya kebudayaan menggunakan media sosial yang mengakibatkan mereka jadi lebih open minded dan lebih berani dalam mengkespresikan jiwanya, Di dunia maya, remaja menunjukkan eksistensinya. Bahkan di Indonesia pengguna internet hingga akhir tahun 2011 sudah mencapai 48 juta orang sebagian besarnya adalah generasi muda. Pertumbuhan pengguna internet sangat cepat didominasi oleh mereka yang berusia 15-30 tahun. Hal ini berdasarkan survei Markplus Insight bulan Agustus-September 2011 di 11 kota besar.

 

Hal ini yang mendasari UPT Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (Tekkomdik), Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur  untuk memberikan pilihan alternatif dari beribu bahkan berjuta konten serta sarana TIK baik yang positif maunpun negatif untuk para pengguna TIK khususnya para anak-anak dan juga remaja melalui Festival Sinema Sekolah.

 

Festival Sinema Sekolah yang biasa disebut FSS ini adalah festival sinematografi untuk para pelajar yang ada di Jawa Timur dengan rangkaian acara, lomba sinematografi tingkat SMA/SMK, sarasehan sinematografi, hingga pameran yang bertemakan TIK.

Lomba sinematografi sendiri juga berbeda dari kebanyakan lomba yang sudah mahfum diadakan sebelumnya, disini para peserta yang terdiri dari para pelajar jenjang SMA dan SMK mendaftarkan karya sinemanya melalui youtube, sekolah yang mengikuti lomba ini diperbolehkan mengirimkan karya lebih dari satu, sehingga hal ini memacu kreatifitas para siswa.

 

Event tahunan dari UPT Tekkomdik ini dikelola oleh tim dari unit radio pendidikan on streaming (rapendik on streaming), mulai dari form pendaftaran yang diunduh di website hingga update informasi selalu ditayangkan dan diisiarkan melalui kanal streamingnya di www.rapendik.com.

 

Setelah peserta mengupload karyanya di youtube dan mengunduh form pendafataran di website rapendik, peserta kembali dituntut untuk memanfaatkan era digital untuk mengembalikan form pendaftaran yang telah diisi melalui surat elektronik, selanjutnya peserta menunggu hasil penjurian untuk diseleksi menjadi 20 nominasi, 10 nominasi jenjnag SMA, 10 nominasi jenjang SMK.

 

Dua puluh nominasi yang terpilih nantinya akan diundang oleh UPT Tekkomdik untuk mengikuti ajang penganugerahan serta Festival Sinema sekolah, disana para peserta diberikan pengetahuan umum tentang membuat dan memproduksi sebuah karya sinema yang baik oleh para juri melalui acara sarasehan.

 

Tidak cukup sampai disitu, dari 10 nominasi tersebut, barulah juri menentukan beberapa nominasi untuk dipilih menjadi yang terbaik, diantaranya, sutradara terbaik, penulis naskah terbaik, kameramen terbaik, editor terbaik, aktor terbaik, aktris terbaik, penata musik terbaik dan yang terakhir, karya sinema terfavorit.

 

Untuk karya sinema terfavorit, disini lagi-lagi peserta diharuskan memanfaatkan tik untuk hal yang positif, karena penilaian karya sinema terfavorit berdasarkan jumlah like terbanyak yang ada di youtube, paling tidak peserta menginformasikan kepada orang-orang terdekatnya untuk ikut berpartisipasi melihat tanyangan FSS di youtube dengan konten yang menghibur dan edukatif, mengingat sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak sekali konten yang tidak layak tonton juga menghiasi layar youtube.

 

Kedepan FSS melalui UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur paling tidak bisa menjadikan salah satu “suplemen” untuk daya tahan tubuh ditengah banyaknya virus yang bisa merusak generasi muda kita, Salam Pendidikan!!!

Please reload

Other News

Sambut MEA, UPT BP2D Dinas Pendidikan Prov. Jatim Gelar Festival Cipta Desain & Fashion Show bagi Siswa SMK se-Jatim

May 13, 2017

1/10
Please reload

© Rapendik 2018