Upacara Peringatan Hardiknas 2017, UPT TIKP Dinas Pendidikan Prov. Jatim Pamerkan “M-Casting”

May 8, 2017

UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur terus melakukan inovasi dibidang pendayagunaan teknologi untuk pendidikan, salah satunya adalah Mobil Broadcast Keliling (M-Casting), mobil ini di perkenalkan pada masyarakat pada saat pameran yang bertepatan Upacara Hardiknas bertempat di Gedung Grahadi beberapa waktu lalu.

 

Jika dilihat dari luar mobil ini tidak ada bedanya dengan mobil besar pada umumnya, hanya saja jika kita masuk kedalam, baru kita bisa melihat seperti studio mini yang di letakkan didalam mobil, ada berbagai macam peralatan audio dan audio visual terpampang disana, ada mixer audio, mixer video, pengeras suara, kamera, TV plasma dan masih banyak yang lainnya.

 

Ditemui disela-sela acara upacara Dra. Ema Sumiarti. M.Si Ka. UPT TIKP menjelaskan bahwa M-Casting ini adalah mobil yang diperuntukkan sekolah yang membutuhkan materi tentang dunia broadcast, baik tingkat SD, SMP dan SMA sederajat, “pada awalnya mobil ini kita gunakan untuk pelatihan siswa SMK yang tidak mempunyai lab. Broadcast, tetapi pada perkembangannya banyak siswa diluar SMK juga antusias kita beri materi broadcast”, ujarnya.

 

Ema mencotohkan beberapa waktu yang lalu M-Casting diundang disalah satu SD negeri di Surabaya untuk memberikan materi kepada anak anak SD tentang pengenalan profesi, anak-anak tersebut terlihat sangat antusias, mereka akhirnya mempunyai wawasan tentang profesi, bukan hanya dokter, polisi dan pilot saja profesi yang biasanya dijadikan cita-cita tetapi ada alternatif lain yakni  kameramen, penyiar, dan reporter, yang notabenenya anak-anak masih awam tentang profesi ini.

 

Kedepan, pihaknya akan mengagendakan keliling disekolah-sekolah yang ada di Jawa Timur untuk terus mensosialisasikan dan memberikan pelatihan pada siswa yang tertarik didunia broadcast, “kita juga mengundang sekolah yang ingin sekolahnya kita datangi untuk mengirimkan surat kepada kita nanti pasti kita akan tindak lanjuti,” ujarnya.

 

Pada kesempatan itu juga Gubernur Jawa Timur, Soekarwo atau Pak Dhe Karwo yang bertindak sebagai inspektur upacara berkesempatan melihat Mobil Broadcast, Pak Dhe Karwo terlihat masuk kedalam mobil dan berinteraksi dengan anak-anak SMK yang mengoperasionalkan M-Casting, “Hebat-hebat, sangat kreatif, pekerjaan ini membutuhkan anak-anak kreatif seperti kalian”, ujar Pak Dhe pada saat hendak meninggalkan mobil untuk melihat stand pameran yang lainnya.

Please reload

Other News

Sambut MEA, UPT BP2D Dinas Pendidikan Prov. Jatim Gelar Festival Cipta Desain & Fashion Show bagi Siswa SMK se-Jatim

May 13, 2017

1/10
Please reload

© Rapendik 2018