Other News

Sambut MEA, UPT BP2D Dinas Pendidikan Prov. Jatim Gelar Festival Cipta Desain & Fashion Show bagi Siswa SMK se-Jatim

May 13, 2017

1/10
Please reload

Perjalanan Tim Roadshow FSS tahun 2017

September 16, 2017

 

Perhelatan Festival Sinema Sekolah yang sudah digelar ketiga kalinya oleh UPT TIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melalui rapendik on streaming pada tahun ini, dimulai dengan rangkaian acara Roadshow Festival Sinema Sekolah dan pengenalan mobil broadcast yang juga menjadi icon dari UPT TIKP.

 

kali ini tim roadshow berencana akan singgah ke beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur, diantaranya Kota Malang, Kota Batu, Kab. Madiun, Kab. Ngawi, Kota Blitar, Kab. Malang, Kab. Lamongan, Kab. Bojonegoro, Kab. Mojokerto, Kab. Trenggalek, Kab. Pasuruan dan yang terakhir, Kab. Probolinggo.

 

Diawali di Kota Batu, Jumat, 15/09 tim roadshow tiba di SMAN 1 Batu, sambutan hangat dari pihak sekolah serta antusias para pelajar yang terdiri dari siswa SMA dan SMK yang ada di kota Batu, seakan menambah suntikan semangat untuk tim roadshow.

 

Sebelum memulai acara sosialisasi dan pemberian materi  workshop, kami  beserta narasumber dari yayasan Debu Nusantara mencoba menggali audiens yang hadir pada saat itu, pengenalan karakter dan mengetahui sejauh mana siswa sudah menegerti tentang dunia sinematografi, hal ini menjadi  sebuah formula untuk proses workshop yang akan dilaksanakan.

 

Diawali dengan pembukaan Kacabdin Kota Malang dan Kota Batu, Bapak Drs. Adi Prajitno, MM memberikan pengarahan sekaligus menjadi keynote speaker program-program garis besar UPT TIKP secara keseluruhan, ditengah-tengah acara tidak lupa beliau yang notabene salah satu sosok yang berperan terhadap adanya  program FSS ini, berpesan untuk bisa memanfaatkan TIK dengan bijak tanpa harus meniadakan atau menutup mata dengan perkembangan yang semakin berkembang dengan pesat.

 

 

 

Dihadapan Peserta workshop yang berjumlah sekitar 100 pelajar, kami mengajak warga pendidikan bisa berkontribusi penuh untuk membangun sebuah media informasi, melalui TIK, salah satunya pemanfaatan media sosial , audio dan adio visual berbasis digital, melalui rapendik on streaming, bukan hanya sebagai pengguna, lebih dari itu, mereka bisa memberikan kritik dan saran atau ikut berperan aktif mengisi konten yang  dibutuhkan warga pendidikan di Jawa Timur.

 

 

 Pada sesi berikutnya, teman-teman  dari debu nusantara diantaranya, Yuriko Abi Pratama, Darul Kamal dan Firdaus Erfana memberikan materi kepada peserta, tentang bagaimana membuat pola dan menentukan gagasan untuk sebuah karya sinematografi maupun karya jurnalistik, setelah itu, Abi mencoba membagi satu kelas menjadi beberapa kelompok untuk mempraktekkan bagaimana membuat karya jurnalistik maupun sinematografi dengan memanfaatkan equipment didalam mobil broadcast.

 

Disini siswa terlihat sangat antusias dengan tugas masing-masing yang mereka kerjakan, diantaranya ada yang bertugas menjadi, Produser, cameramen, switcher, soundman, siswa kita ajak untuk terbiasa mempunyai inisiatif dan sadar akan potensi yang ada pada dirinya, sehingga  nantinya terbiasa untuk berproses menjadi pribadi  kreatif, inovatif dan tangguh.

Please reload

© Rapendik 2018