Dinas Pendidikan Prov. Jatim Bersama SMKN 12 Surabaya gelar Seminar Nasional dan Hasil Karya Cipta SMK

May 5, 2018

 

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, melalui Bidang Pengembangan dan Pendidikan SMK bekerja sama dengan SMKN 12 Surabaya, menggelar event Seminar Nasional & Pameran Hasil Karya Cipta SMKN 12 Surabaya, bertempat di JX Internasional Surabaya.

 

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Jawa Timur yang juga sekaligus membuka secara resmi acara tersebut.

Pak Dhe Karwo, dalam pembukaannya mengatakan bahwa Pemprov Jatim menargetkan program vokasional bisa diselesaikan pada tahun 2019. Target ini mencakup terpenuhinya komposisi SMK 70 persen dan SMA 30 persen, dan menaikkan standar SMK minimal terstandarisasi Badan Standarisasi Nasional/BSN khususnya swasta.

 

“Pekerjaan besar kita yakni menutup kebutuhan tenaga kerja yang ada di Jatim, dan solusinya hanya melalui rekonstruksi pendidikan lewat pendidikan SMK dan program dual track,” ujar Pak Dhe Karwo.

 

Untuk diketahui saat ini Jatim memiliki 1996 SMK dengan jumlah lulusan 220.958, namun hanya 64,11 persen yang bisa diterima di industri.

 

Hal ini menunjukkan bahwa dari total SMK yang ada di Jatim, 40 persennya kualitas lulusannya belum terstandar. Sedangkan total tenaga kerja terampil di Jatim baik dari lulusan SMK, SMK Mini, BLK, dan Politeknik sebanyak 234.088 orang.

“Lowongan tenaga kerja yang tersedia di Jatim mencapai 390 ribu hingga 400 ribu dan baru bisa dipenuhi 234 ribu, oleh sebab itu kita masih kekurangan tenaga terampil sekitar 100 ribu lebih,” ungkapnya.

 

Pakde Karwo menambahkan, desain revitalisasi SMK yang telah dibuat oleh Pemprov Jatim diantaranya melalui link and match dengan industri, program filial dengan pergruan tinggi, pembentukan SMK BLUD dan double track ekstra kurikuler vokasi di SMA dan MA. Selain itu, ada pula SMK berbasis kluster yang fokus untuk mengelompokkan vokasional tertentu.

 

Pada saat yang sama, diacara Seminar Nasional dengan tema “Spektrum Agrobisnis dan Agro Teknologi Sebagai Aspek Pengembangan Vokasi di Jawa Timur” Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jatim Dr. Saiful Rachman mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah penyebaran informasi dan tersusunnya konsep yang baik pada pendidikan SMK. Selain itu, untuk membuat kebijakan SMK yang terintegrasi.

 

“dengan diadakannya seminar ini diharapkan semua kamajuan teknologi khususnya di bidang pertanian bisa diterapkan oleh SMK, dan bisa dikerjasamakan dengan pemerintah daerah atau perusahaan agriculture,” harapnya.

Tags:

Please reload

Other News

Sambut MEA, UPT BP2D Dinas Pendidikan Prov. Jatim Gelar Festival Cipta Desain & Fashion Show bagi Siswa SMK se-Jatim

May 13, 2017

1/10
Please reload

© Rapendik 2018